Bahaya dan Manfaat Mandi Malam

Bayak orang yang bertanya-tanya akan pengaruh mandi di malam hari bagi kesehatan tubuh. Apakah baik bila mandi pada malam hari? atau benarkah mandi dimalam hari dapat menyebabkan penyakit reumatik?. Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu juga pernah terlontar oleh Anda.

Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Mandi merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, selain sandang, papan, dan pangan. Kebutuhan mandi pada diri setiap orang juga berbeda-beda tergantung pada aktifitas dan kegiatan yang dilakukan. Ada orang yang mandinya teratur (pagi dan sore hari), ada juga yang terpaksa harus mandi pada malam hari karena faktor kesibukan.

Kadang muncul kekhawatiran pada diri setiap orang untuk mandi pada malam hari. Hal ini dikarenakan adanya stigma di masyarakat yang menyebutkan bahwa kalau mandi di malam hari bisa terkena penyakit reumatik pada masa tuanya.

Stigma yang beredar tersebut SALAH adanya. Karena tidak ada dalam referensi mana pun yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari berpengaruh pada kesehatan khususnya penyakit persendian atau reumatik. Secara medis mandi saat malam hari tidak menyebabkan nyeri pada persendian. Anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat dan hanya MITOS semata.


Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Nyeri pada tulang lebih disebabkan oleh gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga, atau bagaimana ia menggunakan persendiannya tersebut.
Tapi memang dengan bertambahnya usia seseorang, terjadi penurunan kepadatan massa tulang. Selain itu, cairan sendi pun mengalami perubahan komposisi sehingga hal tersebut akan menyebabkan keluhan nyeri tulang dan sendi yang biasa disebut reumatik.

Penyakit reumatik sendiri merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak terutama tulang, sendi, otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada sistem musculoskeletal (sendi, tulang, jaringan ikat, dan otot). Ada berbagai macam jenis reumatik berikut merupakan beberapa reumatik yang sering dijumpai:

Pengapuran Sendi (Osteoarthiritis) adalah pengapuran pada sendi yang disebabkan karena proses penuaan yang menyebabkan kerusakan rawan sendi.
Radang Sendi Reumatik (Reumatoid Arthiritis) adalah suatu penyakit peradangan sistemik dan kronis yang penyebabnya tidak diketahui dan bermanisfetasi pada lapisan dalam sendi (membran sinovial persendian). Reumatoid Arthiritis ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan respon imun seseorang dengan dipengaruhi oleh faktor genetic.

Pengeroposan Tulang (Osteoporosis) adalah suatu kondisi dimana jumlah jaringan tulang telah berkurang dan ada resiko yang besar untuk terjadi patah tulang. Osteoporosis merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai oleh penurunan densitas masa tulang dan perburukan arsitektur tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah (fraktur).
Radang Sendi Asam Urat/ Pirai (Gout Arthiritis) adalah peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi.

Jadi pada dasarnya mandi malam hari tidak ada sangkut pautnya dengan nyeri persendian atau reumatik. Tetapi yang perlu diingat, Anda mesti tetap memperhatikan kondisi badan saat mandi malam. Jika kondisi badan tidak dalam keadaan bagus, sebaiknya hindari untuk mandi pada malam hari. Pada saat mandi malam, perhatikan juga suhu air yang Anda gunakan, lebih baik menggunakan air hangat untuk mandi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika Anda mandi menggunakan air dingin. Pasalnya jika Anda mandi malam menggunakan air yang terlalu dingin, dikhawatirkan dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah (vasospasme) yang natinya juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya seperti serangan jantung koroner, stroke, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang yang melakukan aktivitas sibuk yang membuatnya harus pulang sampai larut malam dan harus mandi pada malam hari, jika hal tersebut akan menimbulkan beberapa macam penyakit, ada juga kebiasaan seseorang yang mandi sampai larut malam, karena pada saat mandi malam tubuh terasa segar. Namun hal tersebut dilarang oleh Dedy, Dokter asal Surabaya yang melakukan penerbangan ke singapura untuk menyelesaikan pendidikan kedokterannya.

Dokter tersebut mengatakan dengan mandi malam anda sangat berdampak besar terkena penyakit, tubuh yang lelah serta suhu badan yang sedikit meningkat dan pori-pori kulit pun terbuka untuk bernafas dan mengeluarkan toksin dalam tubuh, pada saat itu anda langsung mandi malam, air pada malam hari terasa dingin yang harus langsung menyentuh tubuh anda yang baru saja melakukan aktiviasnya.

Jika anda sering melakukan hal itu setiap harinya, maka anda berdampak besar terkena beberapa penyakit yang sebabkan akibai mandi pada malam hari.

Nyeri rematik
Penyakit radang sendi ini merupakan penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri yang mengakibatkan peradangan dalam waktu yang lama pada sendi, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang.

Asam urat
Penyakit ini merupakan kelebihan zat purin yang diolah oleh tubuh menjadi asam urat, yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal berupa kristal asam urat maka menumpuk pada persendian, akibatnya sendi akan terasa nyeri dan meradang.

Paru-paru basah
Penyakit ini merupakan terjadinya penumpukan cairan pada rongga pleura, rongga pemisah antara paru-paru dengan dinding dada, fungsi normal dari cairan tersebut menjadi pelumas saat paru-paru mengembang dan mengempis.

Ketegangan otot
Otot yang sudah lelah seharian beraktivitas, dan dibasahi dengan air malam yang dingin dapat membuat otot menjadi menegang, yang sering terjadi bagian tubuh menjadi kram dan susah untukdigerakan, hal itu di sebabkan oleh penegangan yang terjadi pada otot.

Dari sedikit paparan diatas, Mandi di Malam Hari tidak ada hubungannya dengan reumatik, sebab sampai saat ini tidak ada satupun cacatan medis yang menyebutkan dan mengungkapkan akan hal tersebut. Jadi, rumor yang beredar selama ini yang mengaitkan mandi dimalam hari bisa menyebabkan reumatik hanyalah MITOS yang tidak teruji kebenarannya.

Dari Rangkuman Diatas Dapat di simpulkan bahwa ada manfaat dan bahaya Mandi Malam :

MANFAAT  MANDI MALAM :

  • Memberikan Kesegaran yang Lebih

Air di malam hari  lebih banyak mengandung kadar dinginnya di siang hari. Jadi, ketika kita mandi pada malam hari, rasanya lebih segar.

  • Mendapatkan Ketengan

Ketika baru pulang dari beraktivitas seharian, badan penuh dengan keringat, capek, dan lunglai. Maka dengan mandi malampun anda bisa merasakan ketenangan yang lebih oleh air dingin yang mengalir pada tubuh anda.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Mandi malam juga dapat menurunkan tekanan darah.

  • Badan Lebih Terlihat Bersih

Dengan air yang segar, sehingga
tubuh anda akan terasa lebih bersih daripada mandi pada siang hari
.
BAHAYA MANDI MALAM :

  • Paru Paru Basah ( Bronkhitis )

Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Paru paru bassah
Banyak orang yang nyepelekan hal yang satu ini , seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka panjang. Orang tersebut dapat terkena penyakit paru-paru basah.

  • Serangan Asam Urat

Mandi Malam dapat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air dingin tersebut akan membuat nyeri sendi.

  • Memperparah Nyeri Rematik

Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Nyeri Rematik
Buat Anda yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari , karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik Anda akan tambah nyeri dan parah.

  • Punuaan Dini

Bahaya dan Manfaat Mandi Malam
Penuaan Dini
Seseorang yang lebih sering beraktifitas,banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak. Apabila anda mandi malam saat banyak pikiran dapat membuat Anda stress, karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Catatan
Jangan Melakukan mandi dimalam hari setiap hari

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Cari artikel yang anda inginkan